Tugas Bidang Kawasan Permukiman

Melaksanakan koordinasi, pendataan, perencanaan, pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh, serta penataan dan pengendalian kawasan permukiman dalam daerah kabupaten.

Fungsi Bidang Kawasan Permukiman

  1. Pendataan dan perencanaan dalam bidang kawasan dan permukiman;
  2. Penataan dan pengendalian permukiman kumuh dalam bidang kawasan dan permukiman;
  3. Pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh dalam bidang kawasan dan permukiman;
  4. Pelaksanaan fungsi lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Uraian Tugas :

  1. Menerima petunjuk / arahan sesuai disposisi atasan;
  2. Mendisposisikan surat kepada bawahan sesuai bidang tugasnya;
  3. Memberi petunjuk, membagi tugas dan membimbing bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan lancar dan tertib;
  4. Mendata dan merencanakan pembangunan dalam bidang kawasan permukiman;
  5. Menata, mengendalikan permukiman kumuh dalam bidang kawasan permukiman;
  6. Mencegah dan meningkatkan kualitas perumahan dan kualitas permukiman kumuh;
  7. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dengan ketentuan yang berlaku;
  8. Melakukan koordinasi dan sinkronisasi tugas dengan pihak terkait;
  9. Membuat laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada atasan;
  10. Menilai hasil pelaksanaan tugas bawahan sebagaibahan penilaian dalam pembuatan skp;
  11. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan olehKepala Dinas.

 

Bidang Kawasan Permukiman terdiri atas:

  1. Seksi Penataan dan Peningkatan Kualitas Permukiman
  2. Seksi Pendataan dan Pencegahan Permukiman Kumuh
  3. Seksi Penyehatan Lingkungan dan Penyediaan Air Minum

1. Seksi Penataan dan Peningkatan Kualitas Permukiman

Tugas :

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penataan dan peningkatan kualitas permukiman.

 

Rincian Tugas :

  1. Pembangunan dan Pengelolaan sistem drainase lingkungan permukiman.
  2. Pengawasan dan penataan sistem drainase lingkungan permukiman
  3. Pembangunan dan Pengelolaan sistem jalan lingkungan permukiman;
  4. Penataan dan pengembangan sistem jalan lingkungan permukiman;
  5. Membuat laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  6. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

2. Seksi Pendataan dan Pencegahan Permukiman Kumuh

Tugas :

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pendataan dan pencegahan permukiman kumuh.

 

Rincian Tugas :

  1. Melakukan pendataan dan pemetaan kawasan permukiman kumuh;
  2. Melakukan sosialiasi dalam penanggulangan dan pencegahan terjadinya kawasanpermukiman kumuh;
  3. Melakukan kerjasama dengan pemerintah desa dan kecamatan dalam pemanfaatan dan pengawasan utilitas umum pada kawasan perumahan dan permukiman;
  4. Melakukan kegiatan untuk penanggulangan kemiskinan;
  5. Membuat laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  6. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

3. Seksi Penyehatan lingkungan dan penyediaan air minum

Tugas :

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penyehatan lingkungan dan penyediaan air minum.

 

Rincian Tugas :

  1. Pendataan dan perencanaan pembangunan sistem air minum dan penataan limbah rumah tangga dalam kawasan dan permukiman;
  2. Pembangunan dan pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) dalam kawasan dan permukiman;
  3. Pengelolaan dan pemanfaatan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) dalam kawasan dan permukiman;
  4. Pembangunanan dan pengembangan sistem penanganan dan pengendalian limbah rumah tangga dalam kawasan dan permukiman;
  5. Pembangunan dan pengembangan Sistem Sanitasi Masyarakat (Sanimas) dan Pengelolahan air minum berbasis masyarakat (PAM Simas) dalam perumahan dan kawasan permukiman.
  6. Melakukan penanggulangan dan pencegahan terjadinyarawan air minum dalam kawasan dan permukiman ;
  7. Membuat laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  8. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.