Tugas Bidang Perumahan 

Melaksanakan koordinasi, pendataan, perencanaan penyediaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi di bidang perumahan pada tingkat kabupaten sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

 

Fungsi  Bidang Perumahan

  1. Pendataan dan perencanaan dalam bidang perumahan;
  2. Penyediaan dan pelaksanaan dalam bidang perumahan;
  3. Pengawasan dan evaluasi dalam bidang perumahan;
  4. Pelaksanaan fungsi lainnya yang diberikan oleh Kepala

 

Uraian Tugas :

  1. Menerima petunjuk / arahan sesuai disposisi atasan;
  2. Mendisposisikan surat kepada bawahan sesuai bidang tugasnya;
  3. Memberi petunjuk, membagi tugas dan membimbing bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan lancar dan tertib;
  4. Mendata dan merencanakan pembangunan dalam bidang perumahan;
  5. Menyediakan dan melaksanakan pembangunan dalam bidang perumahan;
  6. Mengawasi dan mengevaluasi pembangunan dalam bidang perumahan;
  7. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dengan ketentuan yang berlaku;
  8. Melakukan koordinasi dan sinkronisasi tugas dengan pihak terkait;
  9. Membuat laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada atasan;
  10. Menilai hasil pelaksanaan tugas bawahan sebagai bahan penilaian dalam pembuatan skp;
  11. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

Bidang Perumahan terdiri dari :

  1. Seksi Penyediaan dan Pembiayaan Perumahan;
  2. Seksi Pengawasan dan Pengevaluasi Perumahan;
  3. Seksi Prasarana dan Sarana Perumahan

 

1. Seksi Penyediaan dan Pembiayaan Perumahan

Tugas :

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penyediaan dan pembiayaan perumahan.

 

Rincian Tugas :

  1. Memfasilitasi penyediaan,relokasi dan pembangunan untuk program perumahan dari pemerintah pusat dan daerah;
  2. Memfasilitasi rehab rumah korban bencana di kabupaten.
  3. Memfasilitasi pendataan dan pembiayaan rumah bagi masyarakat yang terkena relokasi program pemerintah pusat dan daerah kabupaten.
  4. Memfasilitasi kerja sama dalam pembiayaan pembangunan perumahan antara pemerintah dengan pengembang.
  5. Memfasilitasi dalam pembiayaan rumah atau perumahan antara pihak bank dan masyarakat;
  6. Membuat laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas kepada atasan.
  7. Melaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

 

2.Seksi Pengawasan dan Pengevaluasi Perumahan

Tugas :

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang Pengawasan dan Pengevaluasi Perumahan.

 

Rincian Tugas :

  1. Melaksanakan pendataan dan pengawasan terhadap rumah komersial yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan.
  2. Memberikan rekomendasi izin pembangunan dan pengembangan perumahan.
  3. Melaksanakan pengawasan terhadap penerima izin pembangunan dan pengembangan perumahan.
  4. Melaksanakan evaluasi terhadap izin pembangunan dan pengembangan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  5. Memberikan rekomendasi pembatalan atau pencabutan izin perumahan karena melanggar ketentuan perundang-undangan.
  6. Memfasilitasi sengketa tentang fasilitas perumahan antara pemilik rumah dengan pengembang dalam suatu kawasan perumahan.
  7. Penerbitan Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKBG);
  8. Membuat laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas kepada atasan.
  9. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

 

 3. Seksi Prasarana dan Sarana Perumahan

Tugas :

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang prasarana dan sarana perumahan.

 

Rincian Tugas :

  1. Memberikan rekomendasi tekhnis terhadap pemberian izin mendirikan bangunan (IMB).
  2. Pendataan dan perencanaan prasarana dan sarana perumahan.
  3. Pembangunan, Pemeliharaan, pengelolaan dan pengawasan taman umum.
  4. Pendataan pengadaan, pemeliharaan dan pengawasan lampu penerangan jalan umum ( LPJU).
  5. Membuat laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas kepada atasan.
  6. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.