Latar Belakang

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati Serdang Bedagai yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai 2016-2021, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman sebagai salah satu OPD yang mendukung Bupati Serdang Bedagai di dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Menyelenggarakan pendataan, perencanaan, penyediaan, pengendalian, evaluasi, pembinaan dan pengawasan di bidang rumah umum, rumah swadaya, perumahan dan kawasan permukiman, serta penyediaan tanah pada tingkat kabupaten sesuai per-undang-undangan dan pembangunan guna menuju pemerintahan yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

 

Untuk mendukung komitmen tersebut Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai menyusun Rencana Strategis tahun 2016-2021. Penyusunan Rencana Strategis Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2016-2021 merupakan pemenuhan kebutuhan aspek perencanaan kebijakan pelaksanaan tugas dalam kurun waktu 5 tahun ke depan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, pasal 19 ayat (4) serta dalam rangka mensinergiskan dan menselaraskan kebijakan Bupati Serdang Bedagai terpilih yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2016-2021 yang merupakan instrumen untuk mengukur tingkat pencapaian kinerja kepala OPD selama 5 (lima) tahun.

 

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah wajib membuat Rencana strategis (Renstra) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai 2016-2021 dalam rangka menuangkan program dan kegiatan dalam rangka menunjang implementasi kebijakan dengan menselaraskan sasaran strategisnya khususnya dalam menyelenggarakan pendataan, perencanaan, penyediaan, pengendalian, evaluasi, pembinaan dan pengawasan di bidang rumah umum, rumah swadaya, perumahan dan kawasan permukiman, serta penyediaan tanah pada tingkat kabupaten sesuai per-undang-undangan dan pembangunan sebagaimana dimaksud dalam visi misi Bupati Serdang Bedagai terpilih yaitu mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai menjadi Kabupaten yang unggul, inovatif, bertanggungjawab, serta berkelanjutan.

 

Terkait dengan penyusunan Renstra OPD, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 telah mengatur bahwa RPJMD yang telah ditetapkan dengan peraturan daerah harus menjadi pedoman dalam penyusunan Renstra OPD. Tujuan, sasaran, indikator, target kinerja, strategi dan kebijakan yang tertuang di dalam Renstra OPD dirumuskan dalam rangka mewujudkan pencapaian sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD.

Di dalam ketentuan lainnya yaitu Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dinyatakan bahwa perencanaan strategis merupakan langkah awal yang harus dilakukan agar mampu menjawab tuntutan lingkungan strategis lokal, nasional dan global, dan tetap berada dalam tatanan Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dokumen Rencana Strategis dimaksud memuat tujuan, sasaran, indikator, target kinerja dan strategi (cara mencapai tujuan dan sasaran), serta memuat kebijakan, program dan kegiatan.

 

Rencana Strategis ini disusun berdasarkan tugas dan fungsi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Rencana Strategis ini merupakan bagian terpenting dari SAKIP Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai.

SAKIP merupakan bagian dari perwujudan implementasi sistem pengendalian manajemen sektor publik di Kabupaten Serdang Bedagai. Sistem pengendalian ini merupakan infrastruktur bagi manajemen Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk memastikan bahwa tujuan,  sasaran dan target kinerja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dapat dicapai dengan baik.

Keselarasan program dan kegiatan, ketepatan indikator dan target kinerja sangat memberikan sumbangsih dan dukungan terhadap pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran pemerintah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Serdang Bedagai. Atas dasar tersebut, siklus SAKIP diawali dengan penyusunan rencana strategis yang mendefinisikan tujuan, sasaran, indikator, target kinerja dan program stratejik Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai.

Maksud dan Tujuan

Perencanaan Strategis Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai 2016-2021 dimaksudkan untuk mewujudkan sistem perencanaan dan pertanggung jawaban yang jelas, tegas dan legal sesuai komitmen bersama yang selaras dengan RPJMD dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan pengawasan oleh Inspektorat Kabupaten Serdang Bedagai. Rencana Strategis (Renstra) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2016-2021 dimaksudkan sebagai pedoman dalam melaksanakan program dan kegiatan guna mewujudkan visi dan misi Bupati Serdang Bedagai terpilih dalam 5 (lima) tahun ke depan.

 

Tujuan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai adalah:

  1. Menjadi acuan resmi bagi seluruh Aparatur Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam menyusun program dan kegiatan selama kurun waktu lima tahun;
  2. Tersedianya dokumen perencanaan lima tahunan sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai setiap tahun.
  3. Tersedianya sarana pengendalian kinerja yang akan dilakukan selama lima tahun.